Kamis, 14 Juli 2011

Sebab bagi Mereka yang Sulit Gemuk

Topik ini dibuat karena rasa penasaran 'Kenapa ada kejadian seseorang banyak makan tapi badannya tak kunjung gemuk?' yang sebenarnya dialami oleh diri saya sendiri hingga kadang teman yang overweight bilang "Enak ya kamu banyak makan tapi gak gemuk2". He2, ada senengnya juga sih makan coklat/ice cream or whatever kyknya gk banyak ngefek jd gk perlu risau ma masalah berat badan.
Ok, mari kita selidiki apa saja penyebabnya..., ternyata ada beberapa sebab yang melatarbelakanginya menurut seorang pakar dalam bidangnya. Berikut ulasannya..

Berdasarkan berat badan dan tinggi badan Anda, Indeks Massa Tubuh (IMT) termasuk ke dalam kategori underweight atau kurang berat badan.

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan). Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis.

Bagaimana dengan pola makan dan pola aktivitas Anda?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.

Untuk mengatur menu dan menjaga stabilitas peningkatan berat badan, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter ahli gizi secara langsung. Hal ini disebabkan karena mengatur menu untuk peningkatan berat badan membutuhkan perhitungan dan banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing individual.

Untuk pemeriksaan secara menyeluruh dapat diakukan dengan mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan status hormon tiroid atau pemeriksaan apakah Anda menderita TBC. Apakah saat ini Anda memiliki keluhan lain seperti, batuk berdahak yang telah berlangsung lama (lebih dari 2 minggu) atau keluhan banyak buang air besar dan mudah berkeringat?

Begitulah kira-kira informasinya. Bagaimana setelah membaca ulasan di atas?apakah teman2 memiliki kasus yang sama dan mana kira2 yang termasuk penyebabnya? Kalau saya setuju dengan sebab dari genetik dan metabolisme yang cepat bagi kasus saya :-)


Referensi: www.klikdokter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar