Senin, 09 Januari 2012

Mengenal DCOM

DCOM merupakan ektensi dari Component Object Model (COM). Pada COM kita melihat bagaimana suatu komponen client saling berinteraksi. Interaksi ini dapat didefinisikan sebagai hubungan secara langsung antara komponen (COM Server) dan COM Client.
Aplikasi client memanggil method yang ada di komponen COM tanpa perantara apapun dan terjadi dalam suatu proses baik pada palikasi client maupun komponen itu sendiri. Sedangkan pada sistem operasi yang baru proses akan dilindungi dari gangguan proses yang lain sehingga aplikasi client tidak akan langsung mamanggil komponen tetapi melalui interproses yang disediakan oleh sistem operasi. Ketika client dan sever pada tempat yang berbeda, DCOM akan menggantikan local interprosses yang berkomunikasi dengan sebuah jaringan protokol. Malalui protokol DCOM ini, aplikasi client dapat mengakses DCOM server.

DCOM juga menyembunyikan lokasi suatu komponen sehingga disis aplikasi tinggal langsung memanggil method yang ada di komponen DCOM. Lokasi DCOM yang independen inilah yang membuat penyederhanaan pada penerapan sistem distribusi suatu komponen dan juga meningkatkan performance. Bayangkan kita mempunyai komponen yang banyak dan kemudian dilakukan distribusi ke duatau jaringan LAN, maka hal iini akan meningkatkan laju trafik jaringan sehingga komunikasi data pada jaringan LAN ini akan jauh lebih lambat. Dengan adanya DCOM maka semua komponen didistribusikan dalam suatu protokol DCOM dan proses yang sama. Ketika suatu aplikasi mengakses komponen melalui DCOM maka DCOM akan melakukan proses validasi komponen, tujuanya untuk mengakses apakah komponen yang dipanggil ini ada didalam DCOM.



Keuntungan
- DCOM menggunakan mekanisme RPC untuk transparansi pengiriman dan
penerimaan informasi diantara komponen COM (seperti, client dan servers)
dalam jaringan yang sama. Menggunakan TCP/IP dan Hypertext Tranfer
Protocol

- DCOM adalah ekstensi COM terdistribusi, dibangun di atas objek dalam
mendukung prosedur RPC DCE lapisan panggilan jarak jauh untuk
mengakses objek remote.
Kerugian
- DCOM di definisikan dan dikendalikan oleh seorang vendor (Microsoft)
sehingga para pengembang sulit untuk mengembangkan DCOM menjadi
lebih baik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar