Senin, 09 Januari 2012

Keunggulan Program JAVA Dibanding Dengan Program Lain


Program java sangat banyak membantu progremer dalam membuat sesuatu ,Karena java sangat berbeda dengan bahasa pemograman yang lain,Di antara ya :
- Sederhana (Simple), Java dimodelkan sebagian dari bahasa C++ dengan memperbaiki beberapa karakteristik C++, seperti penambahan fungsionalitas, pengurangan kompleksitas. Contohnya, java menghilangkan multiple inheritance dari C++ dengan menggunakan interface.
- Berorientasi Objek (Object Oriented), dalam memecahkan masalah, bahasa Java membagi program menjadi objek-objek, kemudian memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing objek. Kemudian Java menentukan dan mengatur interaksi antar objek secara struktur.
- Terdistribusi (Distributed), fitur- fitur Java sangat mendukung teknologi internet yang saat ini berkembang sehingga dapat mendukung pemrograman terdistribusi.
- Multiplatform, Bahasa Java dapat diterjemahkan oleh java interpreter pada berbagai macam sistem operasi (linux, windows, apple)
- Multithreaded, thread adalah proses yang dapat dikerjakan oleh suatu program dalam suatu waktu. Java bersifat multithreaded, sehingga dapat mengerjakan beberapa proses dengan waktu yang hampir bersamaan.
TATA BAHASA DALAM PROGRAM JAVA
Pemrograman Java adalah kumpulan spasi, komentar, kata kunci, identifier, literal, operator, dan pemisah.
Contoh :

//FIRST PROGRAM IN JAVA
//display multiple lines
class helloworld {
public static void main(String args[ ]){
System.out.println(“Welcome to Java\nHello world”); }
}
Output :
Welcome to Java
Hello World
Contoh GUI :
//FIRST PROGRAM IN JAVA
//display multiple lines
import javax.swing.JOptionPane; //Import class JOptionPane
class helloworld {
public static void main(String args[ ]) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, “Welcome to Java\nHello World”);
System.exit(0); //Terminate the program
}
}
SPASI
Java adalah bahasa bebas bentuk. Tidak perlu mengatur tata letaknya agar dapat bekerja. Asalkan ada sekurang-kurangnya satu spasi, tab, atau baris baru diantara setiap token sebelum disisipi operator atau pemisah lain.
KOMENTAR
Ada beberapa bentuk :
1. Komentar baris tunggal, Diawali dengan tanda // dan diletakkan diakhir baris yang diberi komentar.
2. Komentar baris banyak, Diawali dengan tanda /* dan ditutup dengan */ semua diantara kedua tanda tersebut dianggap komentar dan akan diabaikan oleh compiler.
contoh penulisan : /*
* komentar…….
* komentar……
*/
3. Komentar terdokumentasi, Menggunakan piranti Javadoc, yang menggunakan komponen compiler Java untuk secara otomatis menghasilkan dokumentasi antar muka public suatu class. Aturan pembuatan komentar yang dapat diolah oleh Javadoc adalah : sebelum deklarasi class, method, dan variabel public harus digunakan komentar bertanda /** untuk menyatakan komentar dokumentasi, diakhiri dengan tanda */.
Javadoc akan mengenali sejumlah variabel khusus yang didahului dengan tanda @ didalam bagian
komentar.
contoh penulisan : /**
* komentar….
* komentar…..
*/
KATA KUNCI (KEYWORDS)
Sampai dengan Versi 1.0 terdapat 59 kata kunci yaitu :
abstract, boolean, break, byte, byvalue, case, cast, catch,
char, class, const, continue, default, do, double, else,
extends, false, final, finally, float, for, future, generic,
goto, if, implements, import, inner, instanceof, int, interface,
long, native, new, null, operator, outer, package, private,
protected, public, rest, return, short, static, super, switch,
synchronized, this, throw, throws, transient, true, try, var,
void, volatile, while,
IDENTIFIER & VARIABEL
Identifier digunakan untuk nama class, method, dan variabel. variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Suatu variabel didefinisikan dengan kombinasi identifier, tipe, dan cakupan. Bergantung pada tempat dideklarasikannya, variabel dapat bersifat lokal atau sementara, misalnya didalam perulangan for, atau dapat juga berupa variabel instans yang dapat diakses oleh semua method dalam class. Cakupan lokal dinyatakan dalam kurung kurawal. Dengan aturan dasar penamaan:
1. Berupa urutan tertentu huruf (besar atau kecil), angka, garis bawah, dan tanda dolar.
2. Tidak boleh diawali oleh angka
3. Bersifat case sensitive.
4. Tidak boleh menggunakan operator
5. Tidak boleh menggunakan keyword
Kelompok Java mengikuti aturan penamaan identifier untuk semua method public dan variabel instans :
1.Jika nama variabel atau identifier terdiri dari 1 kata, maka semua dituliskan dengan huruf kecil, misal : “harga”, “nama”, “alamat”.
2. Jika terdiri dari 2 kata atau lebih, maka diawali dengan huruf kecil dan menandai bagian kata selanjutnya dengan huruf besar, misalnya “nextItem”, “currentValue”, “getTimeOfDay”.
3. Untuk variabel private dan lokal identifier akan berupa huruf kecil semua dikombinasikan dengan garis bawah, misalnya “next_val”, “temp_val”.
4. Untuk variabel final yang mewakili suatu konstanta, digunakan huruf besar semua, misalnya “TOK_BRACE”, “DAY_FRIDAY”.
LITERAL
Besaran konstanta pada Java dihasilkan dengan menggunakan literal yang mewakilinya. Setiap literal merepresentasikan nilai suatu tipe, dimana tipe itu sendiri menjelaskan bagaimana sifat nilai tersebut dan bagaimana penyimpanannya.
SEPARATOR (Pemisah)
Simbol Nama Fungsi
( ) Kurung Digunakan untuk menghimpun parameter dalam definisi dan pemanggilan method, juga digunakan untuk menyatakan tingkatan pernyataan, menghimpun pernyataan untuk pengaturan alur program dan menyatakan tipe cast. { } kurung kurawal Digunakan untuk menghimpun nilai yang otomatis dimasukkan kedalam array, juga digunakan untuk mendefinisikan blok program, untuk cakupan class, method, dan lokal variabel.
[ ] kurung siku Digunakan untuk menyatakan tipe array, juga digunakan untuk membedakan nilai array.
; titik-koma pemisah pernyataan.
, koma Pemisah urutan identifier dalam deklarasi variabel, juga digunakan untuk mengaitkan pernyataan didalam pernyataan for.
. titik Dugunakan untuk memisahkan nama paket dari sub-paket dan class, juga digunakan untuk memisahkan variabel atau method dari variabel referensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar