Kamis, 15 Desember 2011

Jaringan (network) (Java)


Dalam pemrograman, jaringan (network) hanyalah salah satu jenis dari input di mana data bisa diambil, dan output di mana data bisa dikirim. Konsep ini mempermudah pemahaman kita tentang pemrograman dalam jaringan, akan tetapi ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan sehingga pemrograman pada jaringan dapat berhasil dengan baik.

Pada Java, kita bisa menggunakan aliran input dan output untuk melakukan komunikasi pada network, seperti halnya pada file. Akan tetapi membuat koneksi jaringan antara dua komputer sedikit lebih rumit, karena ada dua komputer yang berbeda, yang keduanya harus setuju membuka koneksi. Dan ketika data dikirimkan dari satu komputer ke komputer lain, komunikasi harus dilakukan seirama sehingga data yang dikirimkan akan sampai ke komputer yang lain.

Salah satu paket Java standar adalah java.net. Paket ini memiliki beberapa kelas yang bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan. Dua jenis I/O network disediakan dalam paket ini. Yang pertama, yang lebih tinggi tingkatannya, berdasarkan pada Web dan memberikan fasilitas komunikasi seperti halnya web browser ketika mendownload suatu halaman web untuk kemudian ditampilkan. Kelas utama dalam jenis network seperti ini adalah java.net.URL dan java.net.URLConnection. Suatu objek bertipe URL adalah lambang abstrak dari sebuah URL (Universal Resource Locator), yaitu alamat web di mana dokumen HTML atau lainnya bisa ditemukan pada web. Sedangkan URLConnection adalah koneksi network ke dokumen tadi.

Jenis I/O kedua adalah melihat jaringan pada tingkatan yang lebih rendah, yaitu berdasarkan ide suatu soket (socket). Soket digunakan oleh program untuk melakukan koneksi dengan program lain pada suatu jaringan. Komunikasi melalui network melibatkan dua soket, yaitu masing-masing pada setiap komputer. Java memiliki kelas java.net.Socket untuk merepresentasikan suatu soket yang digunakan dalam komunikasi network.

Istilah "soket" mungkin mirip dengan colokan kabel data (misalnya) modem, akan tetapi penting untuk diingat bahwa soket adalah objek bertipe Socket. Artinya program bisa memiliki beberapa soket dalam waktu yang sama, yang masing-masing terhubung ke program yang dijalankan pada komputer lain. Semuanya menggunakan koneksi network yang sama dari satu kabel.

Bagian ini akan memberikan pengenalan tentang kelas-kelas dasar jaringan, dan bagaimana hubungannya dengan aliran input dan ouput serta pengecualian.

- URL dan URL Connection

- Soket, Klien, dan Server

- Contoh Pemrograman pada Jaringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar