Minggu, 11 September 2011

Tujuan Belajar Pemrograman/Programing

1. Dari segi fungsi mereka digunakan sebagai program developer (membuat suatu program), baik sekala kecil yang harus dieksekusi dalam environment software pemrograman ataupun aplikasi eksekusi langsung.

Kalau ditanya kenapa ada bermacam - macam, aku rasa karena faktor sejarah perkembangannya. Tiap2 bahasa pemrograman sendiri kan memiliki keterbatasan dan keunggulannya masing2.

Sebagai contoh untuk C++ kan banyak yang objek oriented, C# sudah dilengkapi dengan kelas2 dan templates, dst. 2. Bahasa program dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan para pembuat program dalam membuat program, bahasa program awalnya mengisikan nilai 1 dan 0 (bahasa mesin) ke prosesor komputer yang nantinya diterjemahkan oleh komputer untuk melakukan sesuatu misalnya : keluarkan warna biru atau hitam dimonitor jika kita tekan x (misal kodenya : isi 00100101, lalu 010010010, dst).
Karena kita (manusia) tidak mungkin mengingat kode angka yang banyak untuk kebutuhan yang makin kompleks maka dikembangkanlah bahasa-bahasa program yang mendekati bahasa manusia (nantinya tetap akan kembali diterjemahkan ke bahasa mesin oleh program yang disebut compiler/intepreter).
Untuk pengembangan compiler munculah compiler/intepreter pascal, c++, basic, cobol dan lain-lain dengan keunggulan masing-masing yang diciptakan oleh orang-orang yang berbeda, kemudian munculah istilah bahasa C (karena menggunakan compiler C), bahasa pascal(compiler pascal), dll. 3. Ada banyak bahasa pemrograman karena di tujukan untuk tujuan yg berbeda2.

Contoh: C, C++, dan Assembly, biasanya di tujukan untuk pembuatan aplikasi "low level" atau yg banyak berhubungan langsung dengan hardware. Bahasa ini di desain sedemikian rupa agar bisa berjalan cepat dan efesien. (Umunnya bahasa tsb lebih susah di pelajari bagi kebanyakan orang).

Ada juga bahasa yg di buat untuk dapat membuat program secara cepat, dng tingkat kesulitan yg rendah. Bahasa dalam kategory ini di golongkan sebagai RAD (Rapid Application Development) Contohnya Visual Basic, Delphi, dll.

Nah gimana kalau mau buat aplikasi Web? Ada juga bahasa yg cocok: PHP, ASP, JSP, dll.
Dan msh banyak lagi...

Jadi intinya, ada banyak bahasa pemrograman karena mereka memang di tujukan untuk tujuan2 yg spesifik.
Tapi ini tidak menutup kemungkinan misalanya membuat aplikasi web dengan C++, bisa saja, tapi akan lebih susah dan memakan waktu.

Jadi apakah bener2 ngga ada 1 bahasa untuk semua??
Belakangan ini Sun Microsystem mencoba melakukan "generalisasi" bahasa dengan mengenalkan Java. Idenya adalah 1 bahasa untuk semua tujuan.Hanya saja keberhasilan Java msh tidak seperti yang di harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar